Jumat, 21 Oktober 2011

Membuat Activity Diagram Dari Use Case

Dalam postingan kali ini saya akan membahas tentang UML ( Unified Modelling Language ). Apa itu UML ? Ya, pertama – tama saya akan jelaskan dulu apa itu UML. Unified Modelling Language (UML) adalah sebuah “bahasa” yg telah menjadi standar dalam industri untuk visualisasi, merancang dan mendokumentasikan sistem piranti lunak. UML menawarkan sebuah standar untuk merancang model sebuah sistem.

Dengan menggunakan UML kita dapat membuat model untuk semua jenis aplikasi piranti lunak, dimana aplikasi tersebut dapat berjalan pada piranti keras, sistem operasi dan jaringan apapun, serta ditulis dalam bahasa pemrograman apapun. Tetapi karena UML juga menggunakan class dan operation dalam konsep dasarnya, maka ia lebih cocok untuk penulisan piranti lunak dalam bahasa-bahasa berorientasi objek seperti C++, Java, C# atau VB.NET. Walaupun demikian, UML tetap dapat digunakan untuk Modeling aplikasi prosedural dalam VB atau C. Seperti bahasa-bahasa lainnya, UML mendefinisikan notasi dan syntax/semantik. Notasi UML merupakan sekumpulan bentuk khusus untuk menggambarkan berbagai diagram piranti lunak. Setiap bentuk memiliki makna tertentu, dan UML syntax mendefinisikan bagaimana bentuk-bentuk tersebut dapat dikombinasikan. Notasi UML terutama diturunkan dari 3 notasi yang telah ada sebelumnya: Grady Booch OOD (Object-Oriented Design), Jim Rumbaugh OMT (Object Modeling Technique), dan Ivar Jacobson OOSE (Object-Oriented Software Engineering).
UML mendefinisikan diagram – diagram sebagai berikut :

  • use case diagram
  • class diagram
  • activity diagram
  • sequence diagram
  • statechart diagram
  • collaboration diagram
  • component diagram
  • deployment diagram
( Sumber : Modul Kuliah ARSI Komsi, FMIPA UGM )
Oke, itulah UML. Untuk penjelasan lebih rinci silahkan tanya – tanya mbah google.
Seperti kata pepatah Inggris practice make perfect, maka langsung saja kita praktikkan dengan studi kasusSistem Informasi Perpustakaan. Pertama, kita identifikasikan dulu aktivitas – aktivitas yang terjadi dalam SI Perpustakaan yang akan kita buat. Aktivitas – aktivitasnya adalah sebagai berikut :
  • Login
  • Pendaftaran anggota
  • Pencarian buku
  • Peminjaman
  • Pengembalian
  • History peminjaman
  • Pemesanan
  • Manipulasi data buku
  • Manipulasi data pustakawan
  • Pelaporan
  • Pelaporan grafik
  • Logout
Kedua, kita identifikasikan aktor – aktor yang terlibat dalam SI Perpustakaan ini. ( Versi saya ) aktor – aktor yang terlibat adalah sebagai berikut :
  • Pengunjung
  • Anggota
  • Pustakawan
  • Admin
Ketiga, aktivitas – aktivitas dan aktor – aktor yang terlibat itu kita jadikan use case pada Use Case diagram. Begini jadinya :
Gambar Use Case Diagram SI Perpustakaan

Kemudian, dari use case yang telah ada diatas, kita pilih 2 use case untuk dibuatkan Activity Diagram-nya, disini saya memilih use case Login dan Pendaftaran. Dan beginilah hasilnya :
Activity diagram Login

Activity diagram Pendaftaran

Demikianlah pembahasan UML use case diagram dan activity diagram.

0 komentar:

Blogger template 'Purple Mania' by Ourblogtemplates.com 2008

Jump to TOP